Mengenal Database MySQL

Database Mysql merupakan sistem manajemen basis data SQL yang sangat terkenal dan bersifat open source. MySQL dibangun, didistribusikan,dan didukung oleh MySQL AB.MySQL AB merupakan perusahaan komersial yang dibiayai oleh pengembang  MySQL. Sebenarnya software MySQL mempunyai dua macam lisensi.lisensi pertama bersifat Open Source dengan menggunakan GNU dan lisensi kedua berupa lisensi komersial standar (standard commercial licence) yang dapat anda beli dari MySQL AB. MySQL dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem manajemen database.database merupakan struktur penyimpanan data.untuk menambah,mengakses,dan memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer,diperlukan sistem manajemen database seperti MySQL Server. MySQL merupakan sistem manajemen database Atau basis data terhubung.database terhubung menyimpan data pada tabel-tabel terpisah.hal tersebut akan menambah kecepatan dan fleksibilitasnya. Kata SQL pada MySQL merupakan singkatan dari “Structured Query Language”.SQLmerupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengakses database dan ditetapkan oleh ANSI/ISO SQL Standard. MySQL merupakan software Open Source.Open source berarti semua orang diizinkan menggunakan dan memodifikasi software. Semua orang dapat mendownload software MySQL dari internet dan menggunakannya tanpa membayar.Anda dapat mempelajari Source Code dan menggunakannya sesuai kebutuhan. MySQL server bekerja di klien/server atau sistem embedded. Software database MySQL merupakan sistem klien/server yang terdiri atas multithread SQL server yang mendukung software klien dan library yang berbeda,tool administratif,dan sejumlah API.server databse MySQL mempunyai kecepatan akses tinggi,mudah digunakan,dan andal. MySQL dikembangkan untuk menangani database yang besar secara cepat dan telah sukses digunakan selama bertahun-tahun.konektivitas, kecepatan, dan keamanannya membuat server MySQL cocok untuk mengakses database di Internet.

Fitur utama MySQL adalah bekerja dalam berbagai platform,menyediakan mesin penyimpan transaksi dan nontransaksi, server tersedia sebagai program yang terpisah untuk digunakan pada lingkungan jaringan klien/server,MySQL mempunyai library yang dapat ditempelkan pada aplikasi yang berdiri sendiri sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan pada komputer yang tidak terhubung jaringan,mempunyai sistem password yang fleksibel dan aman,dapat menangani basis data dalam skala besar, klien dapat terkoneksi ke MySQL Server menggunakan soket TCP/IP pada platform manapun,Server dapat mengirim pesan kesalahan ke klien dalam berbagai bahasa. MySQL termasuk jenis RDBMS(Relational Database Management System). Pada MySQL sebuah databse terdiri atas tabel-tabel.sebuah tabel terdiri atas baris dan kolom.dalam konteks bahsa SQL,informasi disimpan dalam tabel-tabel yang secara logis merupakan struktur dua dimensi yang terisi atas baris-baris data yang berada dalam satu atau lebih kolom. Baris pada tabel di sebut instance data, sedangkan kolom sering disebut attribute atau field.

1.    Membangun Koneksi

Untuk memulai menjalankan MySQL,sebelumnya anda harus memastikan database server MySQL  dan APACHE dalam satu paket. disini Saya menggunakan server XAMPP yang sudah terinstalasi semua dalam satu  .aktifnya MySQL ditandai dengan menyalanya tanda hijau pada ikon Xampp di task bar komputer.apabila belum aktif maka anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.jalankan file winmysqladmin.exe dari direktori tempat instalasi mysql.database MySQL dapat dikelola melalui beberapa cara,yaitu melaui prompt DOS(command line  tool) dan dapat menggunakan utilitas seperti PHPMyadmin,Mysql Manage Java Based,Mysql Administrator for Windows.pada bab ini akan dibahas pengelolaan database MySQL melalui prompt DOS dan software PHPMyAdmin.

2.    Tool Command Line MySQL

Koneksi ke MySQL dapat dilakukan melalui dua cara,yaitu menggunakan tool command line MySQL dan menjalankan klien MySQL.Tool Command Line MySQL merupakan suatu shell klien SQL sederhana yang memungkinkan penggunaan secara interaktif dan noninteraktif.cara menggunakan tool ini :

  1. Untuk mendapatkan Command Prompt,klik menu START dan pilih RUN.ketik Cmd dan klik tombol OK
  2. Aktifkan direktori dimana file MySQL.exe terinstalasi (misal C:\Xampp-win32-1.7.3\Xampp\MySQL\Bin)
  3. Anda dapat masuk ke server MySQL dengan perintah:C:\Xampp-win32-1.7.3\Xampp\Mysql\bin>mysql –u root –p.Tekan Enter.selanjutnya,anda diminta mengisi password.masukkan password pada instalasi MySQL .
  4. Apabila anda lupa dengan password yang anda berikan pada waktu instalasi.masuklah ke server MySQL dengan perintah:
  5. C:\Xampp-win32-1.7.3\Xampp\Mysql\bin>mysql –h localhost –u Root

Tekan Enter maka anda akan terkoneksi ke server MySQL.

3.    Listing Database pada Server

Setelah terkoneksi dengan MySQL,coba lihat daftar database yang

Telah ada.ketik perintah:

Mysql>show database;

Anda dapat melihat daftar database yang ada di  server.

Sekarang kita akan mencoba melihat tabel yang ada pada salah satu

Database yang ada di server(misal database album)

Untuk terkoneksi ke database album.ketik perintah untuk menunjukkan tabel yang ada pada database tersebut:

Mysql>show tables;

Anda dapat melihat bahwa database album mempunyai sebuah tabel bernama musik.sekarang kita akan membuat database baru bernama

album.pembuatan database baru dilakukan dengan cara mengetikkan

Perintah:

Mysql> create database album;

Jika ada komentar “Query Ok” berarti database telah terbuat.

Sekarang anda cek database yang ada di server.anda dapat melihat bahwa database diserver Mysql telah bertambah dengan database  baru bernama Album.setelah database album terbentuk,cobalah membuat sebuah tabel bernama musik.

Untuk mengetahui struktur tabel yang ada,kita dapat menggunakan perintah DESC .sebagai contoh,anda akan melihat struktur tabel musik yang telah dibuat tadi.

Apabila ada database yang sudah  tidak berguna lagi dan ingin di buang.anda dapat menghapus database tersebut dengan perintah :

Mysql> drop database nama_db;

Misal anda  ingin menghapus database Album maka ketikkan perintah:

Mysql>drop database album;

Anda akan melihat database bernama Album telah dihapus dari database.untuk keluar dari Command Prompt MySQL ,anda dapat mengetikkan perintah:

Exit

QUIT
^C(Ctrl +C)
\q

One comment

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s