Tugas Pendahuluan 4

Sebelumnya.. Perintah direktory, Symbolic link, Hard link

Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Proses adalah program tunggal yang berjalan pada alamat virtual, berarti setiap hal yg berjalan dibawah Linux adalah proses. Proses ini berjalan melalui perintah-perintah yang ada dalam shell. Satu baris perintah dalam shell terkadang mampu mempengaruhi lebih dari satu proses, khususnya jika terdapat perintah pipe.

Ps Digunakan untuk melihat suatu informasi status proses sistem seperti proses apa saja yang sedang aktif yang berjalan pada sistem, siapa pemilik proses tersebut, berapa lama proses itu berjalan dan sampai dengan memberikan informasi pengenal pada setiap proses yang dijalankan.

Pstree
Sama halnya dengan perintah ps. Pstree juga mempunyai fungsi yang sama untuk melihat status proses yang berjalan pada sistem. Tetapi informasinya di perlihat dengan bentuk tree (pohon).

Sinyal adalah suatu alat komunikasi antar proses, yaitu memberitahukan proses yang sedang berjalan bahwa ada sesuatu yang harus dikendalikan. Berdasarkan sinyal yang dikirim ini maka proses dapat bereaksi dan  administrator/programmer dapat menentukan reaksitersebut. Kill merupakan perintah yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke proses atau menghentikan proses. Biasanya untuk menghentikan proses signal kita bisa menggunakan kill SIGNAL PID dimana PID sudah diketahui. Mengirim sinyal menggunakan instruksi :

kill [-nomor sinyal] PID

Job bekerja pada foreground atau background. Pada foreground hanya diperuntukkan untuk satu job pada satu waktu. Job pada foreground akan mengontrol shell menerima input dari keyboard dan mengirim output ke layar. Job pada background tidak menerima input dari terminal, biasanya berjalan tanpa memerlukan interaksi. Job pada foreground kemungkinan dihentikan sementara (suspend), dengan menekan [Ctrl-Z]. Job yang dihentikan sementara dapat dijalankan kembali pada foreground atau background sesuai keperluan dengan menekan ”fg ” atau ”bg ”. Sebagai catatan, menghentikan job seme ntara sangat berbeda dengan melakuakan interrupt job (biasanya menggunakan [Ctrl-C]), dimana job yang diinterrup akan dimatikan secara permanen dan tidak dapat dijalankan lagi.

top

Perintah top digunakan untuk menampilkan proses pada CPU.Perintah ini untuk menampilkan proses yang sedang berjalan secara realtime (kontinue) dan bisa digunakan untuk menampilkan proses dan penggunaan resource yang paling aktif.

nice

Dengan perintah nice kita bisa mengubah prioritas pengerjaan sebuah proses, Secara default prioritas nice diset pada nilai 10. Range nilai Nice dari +19 (very nice) hingga −20 (not very nice). Misalkan kita ingin mengcopy dari CD-ROM sebuah CD

instalasi Kubuntu.7.10,

$ dd if=/dev/cdrom of=~/mdk1.iso

Karena data yang dicopy dari CD-ROM ke hardisk besar, maka memerlukan banyak resource dan waktu yang lama. gunakan opsi -n dan prioritas maksimal yaitu 19.

$ nice -n 19 dd if=/dev/cdrom of=~/mdk1.isorenice.

renice

Operasi renice kebalikan dari nice, Renice digunkana untuk menurunkan prioritas pengerjaan sebuah proses. Misalkan kita memiliki proses yang dijalankan dengan PID 785, yang mengerjakan perhitungan matematika yang panjang, sedangkan pada saat yang sama kita ingin melakukan operasi lain misalkan bermain game yang membutuhkan free system resources. anda dapat mengetikkan :

$ renice +15 785

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s