Fakta Tentang Neil Armstrong

Neil A. Armstrong adalah seorang astronot NASA (badan ruang angkasa Amerika Serikat) dan orang pertama yang mendarat di bulan, atau tepatnya, orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan. Berikut sejumlah pertanyaan yang kerap diajukan mengenai dirinya, dikutip dari space.com:

Siapakah Neil Armstrong itu?

Dia lebih terkenal sebagai orang pertama yang menapakkan kakinya di bulan (rekannya sesama astronot Buzz Aldrin sebenarnya tiba bersamaan dengannya di bulan, namun Aldrin baru menjejakkan kakinya di permukaan bulan setelah Armstrong).  Karena Armstrong adalah pilot pada misi ke bulan itu. maka dia disebut juga manusia pertama yang mendaratkan wahana angkasa luar di bulan.

Dari daerah mana Neil Armstrong berasal?

Dia lahir di Wapakoneta, Ohio, pada 5 Agustus 1930. Bapaknya adalah Stephen Koenig Armstrong, sedangkan ibunya bernama Viola Louise Engel.

Apa nama misi Armstrong ke bulan?

Apollo 11 adalah nama dari misi pendaratan wahana angkasa luar berawak di bulan.

Kapan pertama kali pesawat mendarat di bulan? 

Apollo 11 menyentuh permukaan bulan pada 20 Juli 1969. Itu sekitar delapan tahun setelah Presiden John F. Kennedy menyampaikan pidato bersejarah, “Pertama, saya yakin bahwa bangsa ini mesti meneguhkan hati untuk mencapai tujuan sebelum dekade ini berakhir, guna mendaratkan manusia di bulan dan memulangkannya ke Bumi dengan selamat.”

Siapa manusia pertama yang mengangkasa di antariksa? 

Kosmonot Yuri Gagarin mengorbit Bumi pada 12 April 1961. Ini memberi Uni Soviet kemenangan besar dalam Perang Dingin di angkasa luar melawan Amerika Serikat.

Fakta-fakta lain mengenai sejarah karir Neil Armstrong :

– Armstrong adalah penerbang angkatan laut dari 1949 sampai 1952. Dia juga pernah bertugas dalam Perang Korea.

– Sebelum mencatat sejarah di ruang angkasa, Armstrong memperoleh sarjana sains jurusan rekayasa aeronotika dari Universitas Purdue pada 1955 (kemudian mendapat MSc ilmu rekayasa aeronotika dari Universitas Southern California pada 1970)

– Sebagai pilot uji NASA, Armstrong menerbangkan X-15 yang adalah pesawat berpendorong roket yang menguji batas terbang di ketinggian ekstrem. Dia telah menerbangkan 200 pesawat  dari jenis berbeda-beda, dari jet sampai helikopter.

– Armstrong adalah pilot misi Gemini 8 yang diluncurkan pada 16 Maret 1966. Dia sukses melandaskan dua wahana angkasa luar di antariksa.

– Setelah tidak lagi menjadi astronot, Armstrong menjadi Deputi Administrator Aeronotika pada markas besar NASA.

– Pada 1971-1979, dia menjadi profesor Rekayasa Ruang Angkasa pada Universitas Cincinnati.

– Pada 1982-1992, Armstrong menjadi kepala Teknologi Komputasi untuk Aviation, Inc., Charlottesville, Virginia.

Armstrong selalu menghindari tampil di publik sejak keastronotannya, tapi dia selalu menjadi pendukung misi-misi ke ruang angkasa.

Di sisi lain mantan astronot Apollo ini adalah penentang utama pengalihan manajemen misi ruang angkasa dari NASA kepada swasta.

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s