7 Fakta Ajaib Hewan

Beragam jenis hewan yang ada di muka bumi ini memiliki berjuta kelebihannya yang memukau manusia, terlebih para pecinta dunia satwa. Bahkan kemampuan istimewa para hewan tersebut dapat di kategorikan sebagai keajaiban. Dan berikut ini 7 fakta ajaib hewan.

1. Tikus Bisa Masuk Melalui Lubang Yang Sangat Kecil

Diawali dengan fakta ajaib seekor tikus yang bisa masuk pada lubang sebesar bolpoin (pulpen). Ada bulan-bulan di musim panas, tikus biasanya hidup dan menetap di luar rumah, akan tetapi ketika suhu mulai mendingin mereka biasanya akan masuk ke rumah-rumah ataupun lubang-lubang untuk mencari kehangatan. Dan oleh karena lunaknya tulang mereka dan kemampuan mereka untuk mengerat, sebuah lubang sebesar bolpoin sekitar 6 mm atau ¼ inch bisa menjadi jalan bagi mereka untuk masuk.

Setelah berada didalam, mereka akan secara berkala mengerat hampir apapun termasuk beton, timah, dan plastik. Hal ini untuk menjaga agar gigi mereka yang terus tumbuh tetap pada ukuran yang nyaman. Bertentangan dengan pendapat pada umumnya, tikus biasanya tidak suka keju walaupun mereka kadang memakannya juga. Selain itu tikus juga bisa melompat setinggi 46 cm, berenang, merayap dari atas ke bawah atau sebaliknya. Kalau ingin mencegah tikus masuk ke rumahmu, periksa semua lubang sebesar bolpoin, karena bukan tidak mungkin bisa menjadi jalan tikus untuk masuk.

2. Tikus Tidak Bisa Muntah

Masih dengan fakta ajaib tentang tikus yang pada kenyataannya tidak bisa muntah ataupun bersendawa. Hal tersebut karena terbatasnya sekat antara dua perutnya dan ketidakmampuan mereka mongontrol otot diafragma yang di butuhkan unutk muntah ataupun bersendawa. Begitu juga halnya dengan kelinci dan marmut. Ini pula lah yang menyebabkan tikus mudah keracunan yang biasa sering di pakai untuk mengontrol populasi tikus. Karena ketidakmampuan ini, seekor tikus biasanya akan mencuil sedikit makanan untuk mencicipi apakah makanan tersebut membuatnya sakit karena mereka tidak bisa muntah tapi bisa merasakan bila ada hal yang tidak beres pada makanan. Jika mereka tidak merasa mual, selanjutnya mereka akan menghabiskan sisanya.

3. Kambing Memiliki Mata Segi Empat

Berikutnya adalah fakta ajaib tentang kambing. Tidak seperti makhluk pada umumnya, kambing memiliki mata segi empat. Bila semua membayangkan bahwa pupil mata memiliki bentuk bulat, akan tetapi kambing dan hampir semua hewan berkuku tunggal ternyata memiliki celah horizontal yang terlihat seperti segi empat.

Hal ini lah yang menyebabkan kambing memiliki pandangan seluas 320 hingga 340 derajat. Ini artinya mereka bisa melihat semua yang ada di sekelilingnya tanpa harus menengok. Oleh karenanya, hewan dengan pupil segi empat bisa melihat lebih baik pada malam hari, karena mereka memiliki pupil yang lebih lebar yang bisa menutup dengan baik pada siang hari untuk membatasi cahaya yang masuk

4. Titik Kebutaan Kuda

Berlanjut pada fakta ajaib dari kuda. Pada kenyataannya kuda tidak bisa melihat apapun yang berada tepat di hadapan mereka meski kuda memiliki pandangan yang luas yang juga merupakan mata yang paling besar dari seluruh mamalia darat. Sehingga mereka bisa memandang seluas lebih dari 350 derajat.

Tetapi mereka memiliki dua buah “Blind Spot” atau titik buta. Satu tepat di hadapannya, dan satu lagi tepat di belakang kepalanya. Secara detail, kuda juga buta akan warna merah dan memiliki rasio pandangan hanya sebesar 20:33 di bandingkan rasio pandangan manusia normal yang hanya 20:20.

5. Gorilla Gorilla Gorilla

Fakta ajaib selanjutnya adalah tentang gorilla. Nama ilmiah gorilla sebenarnya adalah “gorilla gorilla gorilla”. Ini adalah nama ilmiah dari gorilla dataran rendah barat yang paling sering dilihat di kebun binatang dan yang paling umum. Namun karena beberapa alasan, seringkali nama-nama gorilla ini bercampur baur. Selain jenis “gorilla gorilla gorilla”, ada juga gorilla gunung dengan nama ilmiah “Gorilla beringei beringei” atau “Gorilla gorilla diehli”,Gorilla beringei graueri”.

6. Angsa Bisa Membunuh Manusia

Fakta ajaib hewan berikutnya adalah seekor angsa bisa mematahkan lengan manusia. Meski angsa bukan tergolong sebagai hewan buas, namun pada kenyataannya angsa juga dapat mengancam keselamatan manusia. Angsa sangat protektif terhadap anak-anaknya dan mereka akan menggunakan sayapnya yang sangat kuat untuk mengusir anjing dan terkadang juga manusia. Mereka memiliki bentang sayap sepanjang 2,75 meter.

Contoh kasusnya pernah terjadi pada tahun 2001. Seorang pemuda Irlandia mengalami patah lengan ketika mencoba membuat seekor angsa marah dan pada tahun berikutnya seseorang juga mengalami hal yang sama.

7. Laba-laba Sangat Rapuh

Dan fakta ajaib hewan yang terakhir adalah tentang tarantula. Pada umumnya tarantula tidak berbahaya bagi manusia meskipun memiliki gigitan yang menyakitkan. Bahkan ada sebagian tarantula yang dapat menembakkan rambut dari kaki mereka yang bisa melukai kulit manusia dan menyebabkan rasa yang tidak sangat nyaman.

Faktanya tarantula adalah termasuk hewan yang memiliki eksoskeleton, yaitu memiliki kerangka diluar tubuh seperti pada sebagian jenis udang dan kepiting. Dan mereka akan menangalkan eksoskeletonnya secara berkala, yakni biasanya menggeletak di atas punggungnya. Mereka akan menjadi sangat ganas dan menyerang apapun ketika mereka sedang menanggalkan eksoskeletonnya karena kondisinya yang sedang lemah. Dan eksoskeletonya tersebut sangat rapuh dan mudah pecah sehingga bila seekor tarantula telah di jatuhkan meskipun pada jarak rendah saja, ia akan pecah dan mati.

Lihat Juga Kekuatan-kekuatan Super Yang Berada Didalam Diri Manusia

Info Menarik Lainnya 5 Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

Info Menarik Lainnya 7 Orang Indonesia Pertama Yang Mengguncang Dunia

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s