Indonesia Juara Umum Karate Asia Tenggara

Indonesia menambah dua medali emas pada pertandingan hari terakhir Kejuaraan Karate Asia Tenggara atau Southeast Asian Karate-Do Championships 2012 (SEAKF 2012) di Kasetsart University, Bangkok, Thailand. Alhasil, Merah Putih mengoleksi 9 medali emas, 8 perak, dan 12 perunggu.

 

Dengan sukses ini, Indonesia menjadi juara umum Kejuaraan Karate Asia Tenggara tersebut. Sementara posisi kedua Malaysia yang menorehkan 9 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Sedangkan tuan rumah Thailand berada di posisi ketiga dengan  5 medali emas, 7 perak, dan 11 perunggu.

Dua emas terakhir Indonesia berasal dari nomor kata perseorangan junior putri  dan junior kata beregu putri. Emas nomor kata putri diraih Mastura Nawar Kautsar yang mengalahkan karateka Vietnam Pham Thu Ha dengan skor 3-1 di partai puncak. Sedangkan nomor kata beregu kadet junior campuran menyabet medali emas setelah menundukkan tim kata beregu kadet junior tuan rumah dengan skor 2-1.

Mastura Nawar Kautsar mengatakan, lawan terberatnya di nomor kata perseorangan adalah karateka Vietnam. Makanya, begitu bertemu karateka Vietnam di final, Nawar-panggilan akrabnya- tampil lebih fokus dan tidak terburu-buru.

“Saya tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apa pun. Sebab, lawan bisa tampil lebih bagus. Alhamdulillah, saya rileks tanpa tekanan, sehingga mampu mempersembahkan medali emas,” kata Nawar.

Tim kata beregu putri Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan tim karateka tuan rumah. Uniknya, karateka tuan rumah beranggotakan laki-laki. Namun, tidak mampu menunjukkan penampilan terbaik. Penampilan mereka tidak cukup padu, sementara tim kata beregu campuran Indonesia yang diperkuat Nawar, Vina Aprilia, dan I Made  Sari  tampil solid.

“Kami menjaga kebersamaan agar tidak ada gerakan yang tidak sinkron, dan semua berjalan lancar sesuai harapan kami,” tutur Nawar.

Di sisi lain, Ketua Umum PB FORKI Hendardji Soepandji mengaku belum puas dengan hasil yang dicapai tim karate Indonesia meski target  lima medali emas yang dicanangkan sudah terlampaui.

“Akan ada evaluasi untuk tim agar persiapan menjelang SEA Games 2013 Myanmar benar-benar matang,” ujar Hendardji.

Mantan Komandan Pusat POM TNI AD ini menambahkan, penampilan karateka yang berhasil meraih emas seperti Stanley Soegianto (kata  perseorangan putra), Nawar (kata perseorangan putri), dan Vina Aprilia sangat luar biasa. Mereka akan dimatangkan sebagai bagian dari proses regenerasi. Sedangkan karateka senior, peformanya di luar harapan.

“Yang jadi harapan kami sebetulnya karateka senior. Tapi, di ajang ini mereka masih belum tampil maksimal. Karateka senior akan dimatangkan di Kejuaraan Dunia di Paris, Prancis, November mendatang dan Piala Kasad 2013,” tegasnya.

Hendardji tak keliru. Para karateka senior perlu mendapat pematangan untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satunya, tentu memperbanyak jam terbang sebelum tampil di Myanmar. Dan, pilihan Kejuaraan Dunia Karate (WKF) di Paris, sebagai ajang uji coba, menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengetahui kualitas karateka Indonesia.

Meski begitu, Kejuaaraan Karate Asia Tenggara di Bangkok pun tetap akan jadi rujukan penting persiapan Indonesia menghadapi Myanmar 2013. Setidaknya, pasukan Merah Putih bisa membaca kekuatan-kekuatan  di Asia Tenggara nantinya.

Tapi, Indonesia masih punya waktu untuk terus meningkatkan kualitas. Sebab, SEAG 2013 Myanmar masih cukup lama. Apalagi, karate Indonesia juga sudah memulai pelatnas sejak 1 April 2012. ”Kami adalah cabanga olahraga pertama yang telah menggelar pelatnas. Semua itu kami lakukan agar mampu menjadi juara umum di Myanmar 2013,” ujar Hendardji. (sumber:pbforki)

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s