Harlem Shake Adalah

Fenomena meledaknya video bertemakan Harlem Shake menjadikan video ini sebagai pesaing serius dari Gangnam Style milik PSY. Sebenarnya, apa yang membuat video ini menjadi begitu terkenal?

Harlem Shake2

Bagi Anda yang belum mengenal video ini, Harlem Shake adalah sebuah tarian yang berasal dari daerah Harlem, di sekitar New York. Tarian ini menyuguhkan seorang yang menari dengan mengenakan helm di antara sekerumunan orang yang terlihat bosan. Namun, seiring kerasnya dentuman musik, maka ruangan yang semula senyap itu menjadi penuh dengan orang yang menari secara tidak teratur.

Sejarah Harlem Shake

Harlem Shake , awalnya disebut albee di Harlem, adalah tarian yang dimulai pada tahun 1981. Tarian menjadi mainstream pada tahun 2001 ketika G. Dep menampilkan Harlem Shake dalam video musiknya “Let’s Get It”. Ini memiliki sejarah dari Northeast African dance yang disebut “Eskista” dan diduga dimulai di Harlem oleh seorang pria bernama Al B.

Sejak awal telah menyebar ke daerah perkotaan lainnya dan menjadi populer di video musik. Para penyiar di Classic Basketball Entertainer ini di klaim Rucker Park bahwa Modern Harlem Shake dimulai oleh seorang pria dengan nama “Al B” (julukan Sisqo atau Cisco). Al B adalah seorang pemabuk yang akan melakukan tarian atas permintaan. Karena pendirinya, tarian ini awalnya disebut “albee” di Rucker dan Harlem, tetapi kemudian dikenal sebagai Harlem Shake .

Al B dikutip mengatakan bahwa tarian adalah “goyang orang yang sedang mabuk, ini merupakan goyang yang mabuk beralkohol, tapi itu fantastis, semua orang menghargai hal itu.” Dia mengatakan itu berasal dari Mesir Kuno dan menggambarkannya sebagai apa mumi yang digunakan untuk melakukan. Karena mereka semua dibungkus mereka tidak bisa benar-benar bergerak, semua yang mereka bisa lakukan adalah goyang. Harlem Goyang didasarkan pada tarian Ethiopia disebut Eskista .

Al B menyatakan bahwa ia telah melakukan Harlem Shake sejak tahun 1981. Tarian pertama kali tertangkap pada Entertainer Bola Basket Classic atau EBC dan menyebar dari sana ke daerah lain.
Pada bulan Februari 2013, Harlem goyang menjadi populer di kalangan video YouTube.

Meskipun mulai tahun 1981, Shake Harlem menjadi mainstream pada tahun 2001 ketika G. Dep menampilkan tarian di video musiknya “Let’s Get It”. The Harlem Shake umumnya terkait dengan langkah tarian serupa yang disebut ‘The Chicken Noodle Soup’ . The “Chicken Noodle Soup” berevolusi dari Harlem Shake dan meledak ke popularitas pada musim panas 2006 ketika DJ Webstar dan Young B membawanya ke arus utama Tarian disebut dalam lagu CunninLynguists., “Old School,” dalam lagu Mac Dre, “Dance Thizzle,” dan dalam lagu Nelly, “Dilema.” Sebuah band dari New York City mengambil nama tarian dan dijuluki diri mereka “Harlem Shakes.” Album debut mereka Technicolor Kesehatan yang dirilis Maret 24 Desember 2009. “Harlem Shake” adalah sebuah lagu oleh produser Amerika dari Brooklyn, New York Baauer. Lagu ini diunggah ke YouTube pada 10 Mei 2012, dan menjadi trend Harlem shake pada bulan Februari 2013.

Harlem Shake Di Youtube

Lagu ‘Harlem Shake’ yang dipopularkan Baaeur membuat fenomena baru di ranah YouTube. Orang beramai-ramai mengunggah video tarian versinya sendiri dengan lagu tersebut. Apa itu ‘Harlem Shake’?

Harlem Shake pertama kali dibuat oleh lima orang remaja dari Queensland, Australia. Dalam video berdurasi 0:31 menit tersebut para remaja itu sedang duduk bersantai dalam sebuah kamar.

Harlem Shake

Seorang di antara mereka berjoget mengenakan helm di tengah ruangan. Setelah setengah lagu, tiba-tiba semua berjoget dengan tarian yang tak beraturan. Video tersebut telah ditonton sebanyak 11,4 juta orang.

Sampai hari ini, Senin (18/2/2013) pencarian kata kunci Harlem Shake di YouTube telah mencapai 67 ribu video. Di Indonesia, sudah ada sekitar 400 video yang eksis di YouTube.

‘Harlem Shake’ adalah single dari Baauer yang dirilis pada 22 Mei 2012. Single tersebut kini menjadi nomor satu di iTunes Amerika dan nomor dua di Inggris juga Australia.

Harlem Shake vs Gangnam Style

Jika bisa dibandingkan, sekilas Harlem Shake ini mirip dengan Gangnam Style yang meledak di Youtube tahun 2012 lalu. Setidaknya, ada beberapa alasan yang mampu mendukung hal tersebut.

Alasan pertama, baik Harlem Shake dan Gangnam Style sama-sama memakai nama sebuah daerah untuk nama tarian ini. Bedanya, Harlem Shake menggunakan nama Harlem, sebuah daerah di New York, Amerika Serikat tempat bermulanya tarian ini. Sementara itu, Gangnam Style, mengambil lokasi ditrik Gangnam di Korea Selatan yang menjadi inspirasi terciptanya lagu dan tarian itu.

Alasan kedua adalah media penyebarannya. Baik Gangnam Style dan Harlem Shake sama-sama menjadi terkenal akibat masuk ke situs video streaming, Youtube. Akibat dilihat pengguna Youtube seantero jagad inilah akhirnya Harlem Shake dan Gangnam Style menjadi bahan pembicaraan baik di jejaring sosial maupun media massa.

Yang ketiga adalah jenis tariannya. Jika dilihat, keduanya memiliki keunikannya masing-masing. Bedannya Gangnam Style meniru cara berkuda, sedangkan Harlem Shake dengan tarian sedikit bebas namun selalu diawali dengan seseorang yang memakai helm.

Yang patut diperhatikan, apakah nantinya Harlem Shake ini mampu menandingi kesuksesan Gangnam Style?

Info Menarik Lainnya : 7 Orang Indonesia Yang Mengguncang Dunia

One comment

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s