Mengenal IDE Delphi

Bahasa pemrograman Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman visual yang saat ini banyak sekali di gunakan, baik oleh kalangan mahasiswa maupun umum. Delphi tentunya sangat menarik untuk dicoba dan dipelajari. Selain itu dapat juga di jadikan sebagai referensi pada sebuah aplikasi. Seperti, melengkapi aplikasi yang sudah ada sehingga tampilan aplikasi pun lebih menarik dan istemewa.

Pengenalan IDE Delphi ini di tujukan bagi para pemula yang belum mengenal bahasa pemrograman Delphi dan IDE (lingkungannya). Bagi yang sudah mengenal bahasa pemrograman Delphi, Lingkungan delphi ini tentunya tidak asing lagi.

IDE (Integrated Development Environment) adalah bagian dari delphi yang digunakan untuk menciptakan aplikasi. IDE inilah yang memungkinkan pemrograman secara visual merancang tampilan untuk para user (antarmuka pemakai) dan menuliskan listing program (kode).

Untuk lebih jelasnya, berikut ini bagian IDE yang terdapat dalam pemrograman Visual Delphi disertai fungsi-fungsi dari IDE tersebut.

Gambar tersebut merupakan contoh proyek aplikasi pada Delphi 7 di mana ditunjukkan suatu lingkungan IDE dalam pemrograman Delphi 7, yang terdiri dari beberapa bagian-bagian. Setiap bagiannya memiliki komponen-komponen dan fungsi-fungsi tertentu, di antaranya sebagai berikut : MenuBar, ToolBar/SpeedBar, Component Palette, Jendela Form, Jendela Unit, Object TreeView, dan Object Inspector. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat di lihat di halaman berikut Komponen-komponen Delphi 7 dan fungsinya.

3 comments

Tinggalkan Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s